Dunia Serangga

Blog ini berisi tulisan-tulisan yang berkaitan dengan serangga maupun dunianya. Semoga bisa bermanfaat

Aku dan serangga Juli 6, 2008

Filed under: umum — nurichan @ 4:19 am
Tags:

Sebenernya udah lama sekali pengen nulis di blog tentang segala sesuatu yang berhubungan serangga, tetapi kadang aku nulis pake mood. Kalo lagi rajin, nulisnya banyak, kalo lagi males, blog bisa ga diupdate ampe brbulan-bulan. Namun untuk blog ini, aku berusaha untuk konsisten menulis, karena dengan menulis ilmu-ilmu tentang serangga yang aku dapet di kampus bisa direfresh.

Aku senang sekali dengan serangga, karena menurutku serangga itu unik. Dari satu jenis species serangga saja, banyak ilmu yang bisa didapatkan. Ilmu tentang siklus hidupnya, perilaku hidupnya, musuh-musuhnya, dan masih banyak lagi.

Teringat kenangan saat masih kecil, aku senang sekali menangkap capung-capung kecil di pinggir selokan atau menangkap capung besra degan menggunakan getah pohon nangka. Capung-capung tersebut aku masukan dalam plastik, kemudian kubawa kerumah, dan kulepaskan didalam rumah. Senangnya hatiku melihat mereka beterbangan kesana-kemari.

Aku juga senang mengumpulkan kumbang kelapa (aku menyebutnya BAMBUNG) yang nyasar masuk ke teras depan rumah, atau memperhatikan laron-laron yang lagi kawin.

Ketika SMA, setiap pulang sekolah, aku pergi ke halaman belakang rumah untuk bermain dengan ulat daun jeruk. Ulat daun jeruk bentukya menarik, jika diganggu maka ia akan mengeluarkan sejenis sengatan seperti antena berwarna merah. Ulat daun jeruk ini, kalo sudah jadi kupu-kupu, bagus sekali warnanya.

Selain itu, aku juga senang mengumpulkan ulat daun pisang. Ulat yang biasanya bersenbunyi didalam gulungan daun pisang itu aku gunakan untuk memberi makan ikan gurami di sumur pak dhe.

Aku sering memancing ulat tanah dengan menggunakan batang rumput yang diberi air ludah (hi..hi..). Ulat tanah ini juga bentuknya unik, berwarna hitam dan memiliki punuk dibadannya.

Itulah sebagian cerita interaksiku dengan serangga. Karena senang dengan serangga,

 

Seksual kanibalisme Juli 5, 2008

Filed under: perilaku serangga,umum — nurichan @ 5:19 am
Tags:

Foto diatas sekiranya mendeskripsikan apa yang dimaksud dengan seksual kanibalisme. Jantan dan betina bertemu, lalu kawin (mating) dan kemudian sang betina memangsa sang penjantan.

Ilmiahnya seksual kanibalisme itu suatu proses makan memakan yang dilakukan oleh sang betina, dimana betina tersebut memangsa pasangan kawinnya pada saat sebelum, selama dan setelah kopulasi (mating/kawin). Sadis bener….

Seksual kanibalisme ini hanya terjadi di dunia spider (laba-laba) dan dunia mantid (walang sembah). Ada 2 penyebab terjadinya seksual kanibalisme..Pertama keterbatasan mangsa di alam, sehingga betina mantid ato spider menjadikan pasangan kawinnya sebagai mangsa. Akan tetapi bukan berarti ketika si betina nemu pejantan, maka dia langsung memutuskan    ” Nah jantan yang ini nih yang akan kumangsa”, ga sesederhana itu. Beberapa faktor yang mempengaruhi betina mantid ato spider memilih jantan untuk dimangsa adalah ukuran pejantan, kualitas pejantan, kelimpahan pejantan, tingkat kelaparan, dan status perkawinan betina. Tuh, walang aja pilih-pilih ya…apalagi manusia…

Penyebab kedua, adalah kerelaan di jantan dimangsa oleh sang betina, karena dengan mengkonsumsi dirinya selama mating/kawin, fekunditas dan fertilitas telur yang akan dihasilkan juga semakin baik, jumlah telur yang akan dihasilkan juga semakin banyak, dan jumlah progeny/keturunan yang akan dihasilkan juga meningkat. Bisa disebut trade-off kali ya.  (Pejantan mantid memang calon bapak yang penuh pengorbanan, anaknya belum lahir aja, udah rela mati).

 

Serangga

Filed under: serangga,umum — nurichan @ 5:00 am
Tags:

Kamu pasti sudah sering melihat kupu-kupu yang cantik, melihat kecoa yang menjijikkan sedang berjalan-jalan didalam rumah atau pernah digigit sama nyamuk yang nakal. Kupu-kupu , kecoa, dan nyamuk merupakan sebagian kecil species serangga yang sering kita temukan disekitar kita. Ya, mereka adalah SERANGGA. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan serangga????

Serangga adalah salah satu makhluk hidup yang termasuk jenis hewan invertebrata (tidak bertulang belakang), kelas Insecta. Serangga  memiliki jumlah species terbesar yang tersebar luas di habitat daratan dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain dalam filum Arthropod. Para ilmuwan memperkirakan, ada 30 juta species serangga tak dikenal yang tersebar di berbagai belahan bumi ini. Sampai saat ini, sekitar 1 juta species serangga sudah dikenali.

Secara umum, serangga dapat dikenali melalui ciri-cirinya sebagai berikut:

1. memiliki jumlah kaki 3 pasang

2. Bagian tubuh terbagi menjadi 2 yaitu caput (kepala), thoraks (dada) dan abdomen (perut)

3. Sebagian memiliki rangka luar yang keras disebut eksoskeleton

Setelah mengetahui ciri-ciri serangga diatas, aku punya pertanyaan. Apakah laba-laba termasuk species serangga?

Jawabannya : Laba-laba bukan serangga. Banyak orang yang menganggap bahwa laba-laba termasuk spesies serangga. Coba perhatikan deh jumlah kaki laba-laba, ada berapa pasang. jumlah kakinya ada 4 pasang. Laba-laba ini termasuk kelas Arachnid.

Balik lagi ke serangga, karena jumlahnya amat besar tersebar di bumi ini, maka serangga bisa kita temui dimana saja, didalam rumah, di pekarangan, bahkan di gurun pasir sekalipun, kita masih bisa bertemu dengan serangga. Memang, secara langsung maupun tidak langsung, serangga juga memiliki kepentingan yang bersinggungan dengan kehidupan manusia. Sebagian serangga ada yang bermanfaat bagi manusia, dan sebagian yang lain menjadi musuh manusia. Mengenai serangga yang bermanfaat maupun sebagai manusia, akan diurai dalam tulisan yang lain.

 

Hello world!

Filed under: Uncategorized — nurichan @ 12:20 am

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

 

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.