Dunia Serangga

Blog ini berisi tulisan-tulisan yang berkaitan dengan serangga maupun dunianya. Semoga bisa bermanfaat

Aku dan serangga Juli 6, 2008

Filed under: umum — nurichan @ 4:19 am
Tags:

Sebenernya udah lama sekali pengen nulis di blog tentang segala sesuatu yang berhubungan serangga, tetapi kadang aku nulis pake mood. Kalo lagi rajin, nulisnya banyak, kalo lagi males, blog bisa ga diupdate ampe brbulan-bulan. Namun untuk blog ini, aku berusaha untuk konsisten menulis, karena dengan menulis ilmu-ilmu tentang serangga yang aku dapet di kampus bisa direfresh.

Aku senang sekali dengan serangga, karena menurutku serangga itu unik. Dari satu jenis species serangga saja, banyak ilmu yang bisa didapatkan. Ilmu tentang siklus hidupnya, perilaku hidupnya, musuh-musuhnya, dan masih banyak lagi.

Teringat kenangan saat masih kecil, aku senang sekali menangkap capung-capung kecil di pinggir selokan atau menangkap capung besra degan menggunakan getah pohon nangka. Capung-capung tersebut aku masukan dalam plastik, kemudian kubawa kerumah, dan kulepaskan didalam rumah. Senangnya hatiku melihat mereka beterbangan kesana-kemari.

Aku juga senang mengumpulkan kumbang kelapa (aku menyebutnya BAMBUNG) yang nyasar masuk ke teras depan rumah, atau memperhatikan laron-laron yang lagi kawin.

Ketika SMA, setiap pulang sekolah, aku pergi ke halaman belakang rumah untuk bermain dengan ulat daun jeruk. Ulat daun jeruk bentukya menarik, jika diganggu maka ia akan mengeluarkan sejenis sengatan seperti antena berwarna merah. Ulat daun jeruk ini, kalo sudah jadi kupu-kupu, bagus sekali warnanya.

Selain itu, aku juga senang mengumpulkan ulat daun pisang. Ulat yang biasanya bersenbunyi didalam gulungan daun pisang itu aku gunakan untuk memberi makan ikan gurami di sumur pak dhe.

Aku sering memancing ulat tanah dengan menggunakan batang rumput yang diberi air ludah (hi..hi..). Ulat tanah ini juga bentuknya unik, berwarna hitam dan memiliki punuk dibadannya.

Itulah sebagian cerita interaksiku dengan serangga. Karena senang dengan serangga,

 

Tinggalkan Balasan

